F.A.Q

1.  Apakah aplikasi JOSS ini ?

  • Sistem ini dibuat untuk memudahkan STAKEHOLDER yang berhubungan dalam supply chain ketersediaan stok oksigen, yakni Rumah sakit, Supplier dan Regulator (Pemerintah)
  • Dengan adanya system ini, maka para stake holder dapat berkomunikasi secara interaktif dan mudah melalui aplikasi, sehingga dapat mengetahui ketersediaan stok oksigen, pembelian / order, delivery tracking, status order, dll

2. Mengapa aplikasi ini dibuat?

  • Karena sampai saat ini belum bisa diketahui secara pasti kebutuhan RS sehingga supplier juga belum punya angka pasti terkait kebutuhan RS
  • Hal ini dikarenakan belum adanya standart barang, satuan, dll serta belum adanya sistem yang terintegrasi dengan stakeholder lainnya

3. Apa manfaat aplikasi JOSS?

  • Dengan melakukan update stok tersebut, data akan muncul di Dashboard tentang kondisi kebutuhan oksigen dan juga status kebutuhan, apakah cukup atau kritis

4. Siapakah yang terlibat di aplikasi JOSS ini?

  • Rumah Sakit, Supplier, Pemerintah

5. Apa yang bisa dilakukan oleh RS ?

  • (sementara ini) Set Data RS, Update Stok dan Estimasi stok habis, Order, Pantau Status Order, Penerimaan

6. Apa yang harus dilakukan oleh Supplier?

  • (Sementara) Set Data Supplier, Update Stok, Terima Order, Pengiriman, Input Jadwal Pengiriman

1.Bagaimana cara akses JOSS?

  • Akses melalui joss.jatengprov.go.id

2.Bagaimana cara saya mendapatkan akun?

  • Tanya ke Helpdesk, untuk mendapatkan akun

3.Bagaimana caranya update profil? Ganti password, PIC dll

  • Klik icon user di pojok kanan atas, lalu pilih profil

4.Apakah 1 RS bisa memiliki lebih dari 1 akun?

  • Tidak bisa

5.Bagaimana jika RS saya terlanjur sudah ada dua akun bahkan lebih?

  • Tanya ke helpdesk dan diinfokan akun mana yang aktif

1. Apakah yang dimaksud Setting Data RS & Supplier?

  • Setting data RS & Supplier adalah memasukkan item barang yang ada di RS / Supplier beserta stok awal dan parameter volume/jumlah kritis dan volume/jumlah cukup

2. Bagaimana cara melakukan setting data RS?

  • Melalui menu Set Data RS, lalu klik setting

3. Apa yang dimasukkan dalam setting data RS ?

  • Nama barang/item, jumlah barang, stok awal, stok/volume kritis, stok / volume cukup

NOTE :

  • Yang dimasukkan di stok awal adalah jumlah tabung yg masih terisi, bukan jumlah keseluruhan tabung
  • Jika ada penambahan item, misal, saat set saldo awal jumlah tangki liquid adalah 1 unit dgn volume 1000m3, lalu beberapa hari kemudian ada penambahan 1 tangki lagi dgn volume 500m3, maka tidak perlu add item lagi, tapi cukup volume kritis dan cukup diperbesar
  • Begitu juga jika ada penambahan jumlah tabung, tidak perlu dilakukan add item lagi

4. Apakah yang dimaksud stok kritis dan stok cukup?

  • Stok kritis adalah parameter untuk menentukan kondisi RS berdasarkan update stok, misal di Set data RS tabung besar ditulis stok kritis adalah 10, maka ketika update stok dibawah 10, maka status RS anda menjadi KRITIS, begitu juga dengan kondisi CUKUP

5.  Apakah Setting data RS dilakukan tiap hari?

  • TIDAK

6. Apakah set Data RS boleh di Edit?

  • BOLEH, jika ada penambahan barang dan update stok kritis dan cukup

7. Bagaimana jika saya sudah terlanjur input set data RS dengan barang yg double?

  • Bisa di hapus melalui EDIT

8. Salah input setting data barang ?

  • Bisa dihapus lalu Add item baru melalui Setting

1. Apakah yang dimaksud update stok?

  • Memperbarui stok agar kondisi RS bisa dipantau
2. Apakah perbedaan set data awal dan update stok?

  • Tidak bisa melakukan update stok jika belum melakukan set data awal
3. Bagaimana caranya melakukan update stok?

  • Melalui menu Update Stok lalu klik Update Stock
4. Apa yang dimasukkan di update stok?

  • Yang dimasukkan ada jumlah barang / unit dan volume yg ada / masih terisi oksigen, misal tabung tinggal berapa unit, Liquid volume nya tinggal berapa, bukan pemakaiannya
  • Kebutuhan harian
  • Untuk jam kritis, akan terhitung otomatis >> Lebih detail di tutorial
5. Bagaimana jika Input data stok salah?

  • Bisa dilakukan input ulang
6. Apakah bisa update stok melebihi sisa stok yg ada?

  • Tidak bisa, kalau mau menambah stok harus melalui penerimaan >> FAQ Penerimaan
7. Apa hubungan update stok denga pemakaian?

  • Selisih dari input update stok dianggap sebagai pemakaian
8. Apakah upadate stok ini nanti bisa menampilkan laporan pemakaian?

  • Bisa, di menu laporan pemakaian

1. Apakah yang dimaksud dengan penerimaan?

  • Adalah proses menerima barang agar stok bertambah, dari sebelumnya kritis menjadi cukup

2. Ada berapa jenis penerimaan?

  • Untuk saat ini hanya dilakukan penerimaan di TAB UPDATE STOK, form penerimaan tersebut merupakan Penerimaan Non Transaksi di transaksi sebelumnya (Bisa dilihat lebih detail di Tutorial)

3. Setelah penerimaan, apakah harus Update Stok?

  • TIDAK, karena setelah penerimaan stok akan otomatis bertambah

4. Apakah penerimaan barang dari supplier bisa parsial?

  • Bisa, jika memang barang yang dikirim / diterima belum sesuia dengan yg diorder

5. Bagaimana jika ada pemberian tabung dari RS lain?

  • Di masukkan melalui penerimaan non Transaksi, dan diberi keterangan agar tercatat di sistem untuk laporan dikemudian hari

6. Bagaimana jika ada penerimaan dari supplier yang tidak kontrak?

  • Hal ini perlu dikonfirmasi ke stakholder, namun jika mendapat izin untuk melakukan ini, maka dimasukkan melalui penerimaan Non Transaksi, dan di keterangan diisikan informasi yang akurat agar dikemudian hari bisa di kroscek
© , Develop by JPEN (Jateng Petro Energi)